EN | ID BISNIS
Sosialisasi Early Warning System
Sosialisasi Early Warning System
January 21, 2016

Sehubungan dengan mandat Bank Indonesia kepada Artajasa untuk memiliki layanan Early Warning System (EWS) sebagai bagian proses Mitigasi Risiko Finansial antar Anggota sebagaimana tertuang dalam On Site Visit Bank Indonesia ke Artajasa beberapa waktu lalu, pada 20 – 21 Januari 2016 Artajasa mengadakan sosialisasi EWS di Grha Artajasa dengan mengundang seluruh Anggota ATM Bersama.

EWS perlu untuk diterapkan di ATM Bersama guna mengantisipasi resiko likuiditas terkait Hak dan Kewajiban setelmen pada hari berikutnya dan memonitor kecukupan dana collateral Anggota ATM Bersama yang ditempatkan di Artajasa. EWS sendiri merupakan sistem aplikasi berbasis web yang dapat memberikan informasi terkini posisi Hak dan Kewajiban ATM Bersama pada hari H. Hak dan Kewajiban yang ditampilkan merupakan akumulasi transaksi yang terjadi pada setiap jam dan sistem membandingkan nilai Net setelmen (kewajiban-hak) dengan Nilai Collateral Anggota.

Pada pertemuan selama dua hari tersebut yang diharapkan adalah informasi yang dikeluarkan oleh EWS dapat membantu Anggota ATM Bersama dalam memprediksi kebutuhan likuiditas untuk setelmen pada hari kerja berikutnya (H+1). Selain itu, Anggota ATM Bersama juga dapat mempersiapkan dana untuk kebutuhan setelmen. Untuk itu, tim Artajasa selain memberikan materi EWS, juga melakukan serah terima User ID dan Password masing-masing Anggota dan Praktek pengoperasian EWS.