EN | ID BISNIS
Artajasa Permudah Konsumen Blibli.com Melalui Metode Pembayaran Online

Artajasa Permudah Konsumen Blibli.com Melalui Metode Pembayaran Online
Posted September 27, 2016

Kini membayar transaksi belanja di Blibli.com bisa melalui jaringan ATM Bersama

Perkembangan transaksi pembayaran elektronis yang terus meningkat saat ini turut dipicu oleh beralihnya perilaku bertransaksi nasabah dari konvensional ke arah elektronis. Edukasi yang dilakukan Bank Indonesia (BI) selaku regulator terkait program Less Cash Society terus menunjukkan sinyal yang positif. Nasabah sudah terbiasa memanfaatkan berbagai delivery channel untuk memenuhi kebutuhan transaksi elektronisnya. E-commerce merupakan salah satu layanan yang memicu masyarakat untuk bertransaksi non tunai saat ini.

Seiring dengan pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia yang semakin menjanjikan, sekaligus mewujudkan sistem pembayaran yang terintegrasi dan dapat dimanfaatkan oleh institusi perbankan dan non perbankan, PT Artajasa Pembayaran Elektronis telah mengembangkan suatu metode pembayaran online, yaitu Transfer for Payment. Dan pada Agustus 2016 lalu, Artajasa telah merampungkan implementasi layanan Transfer for Payment dengan Blibli.com.

Suprapto, Head of E-Commerce Payment Artajasa menjelaskan Artajasa senantiasa membangun kemitraan dengan institusi-institusi dari berbagai industri dalam upaya mendorong perluasan akses pembayaran online bagi masyarakat. Ini juga merupakan bentuk dukungan Artajasa terhadap perkembangan industri e-commerce di tanah air. “Melalui implementasi layanan Transfer for Payment ini, Artajasa hadir memberikan solusi sistem pembayaran online bagi Blibli.com. Sebagai merchant, Blibli.com tentunya akan memperoleh benefit koneksi yang luas ke semua bank di Indonesia melalui jaringan ATM Bersama,” jelas Suprapto.

Sementara itu, Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Blibli.com menyambut baik terealisasinya layanan Transfer for Payment antara Artajasa dengan Blibli.com. “Kerjasama ini merupakan upaya Blibli.com untuk meningkatkan layanan kepada konsumen, sekaligus memberikan kemudahan bagi konsumen khususnya dalam memberikan pilihan metode pembayaran ketika bertransaksi e-commerce di Blibli.com,” kata Lani Rahayu.

Layanan Transfer for Payment merupakan sebuah mekanisme pembayaran dengan menggunakan fitur transfer antar bank pada jaringan ATM Bersama, dimana nasabah dapat melakukan pengiriman dana dari rekening bank mereka (anggota ATM Bersama) ke suatu rekening tujuan tertentu sebagai kode pengenal pembayaran.

Bagi konsumen Blibli.com, untuk dapat menggunakan layanan Transfer for Payment cukup mudah. Setelah melakukan order barang di website Blibli.com, konsumen tinggal memilih metode pembayaran via ATM. Selanjutnya sistem di Artajasa akan men-generate Payment Code. Payment Code tersebut yang akan digunakan konsumen sebagai rekening tujuan saat melakukan transaksi transfer antarbank. Seperti langkah ketika melakukan transfer antarbank, setelah memasukkan nomor Payment Code kemudian konsumen memasukkan nilai pembelian yang ditentukan. Selanjutnya layar akan memunculkan konfirmasi pembayaran dan bila sudah sesuai maka pembayaran pun tinggal disetujui oleh konsumen dan transaksi selesai. Kemudahan yang diperoleh konsumen Blibli.com adalah setelah melakukan pembayaran, konsumen tidak perlu melakukan konfirmasi ulang ke pihak Blibli.com. Karena secara otomatis sudah ada notifikasi real-time dari sistem pembayaran Artajasa ke Blibli.com.

Mekanisme Transfer for Payment ini telah diimplementasikan oleh beberapa  institusi yang bergerak di layanan e-commerce, diantaranya adalah Garuda Indonesia, Tiket.com, Paditrain, Cipaganti, Kiostix, Airpaz, dan beberapa institusi lainnya. Dan kini Blibli.com turut bergabung memudahkan pembelanja di mal online Blibli.com melakukan transaksi pembayaran berbagai macam barang yang ada di 15 Kategori produk di situs belanja Blibli.com dengan memanfaatkan layanan Transfer for Payment.

Kerjasama yang dilakukan Artajasa bersama Blibli.com merupakan sinergi strategis yang memberikan value added service bagi masyarakat demi terciptanya efisiensi nasional. Karena pesatnya perkembangan e-commerce saat ini tidak terlepas dari besarnya peran teknologi informasi di dalamnya.

*******

Sekilas PT Artajasa Pembayaran Elektronis:

PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) merupakan pionir dalam penyedia jaringan infrastruktur sistem pembayaran di Indonesia. Sejak berdiri pada tanggal 10 Februari 2000, Artajasa fokus menggarap pasar transaksi elektronis di Indonesia. Salah satunya adalah layanan ATM Bersama yang merupakan layanan infrastruktur sistem ATM yang dapat digunakan bersama oleh beberapa bank sehingga nasabah bank tersebut bisa menggunakan fasilitas bank lain yang tergabung dalam jaringan tersebut. Saat ini, ATM Bersama telah beranggotakan 87 institusi, yang terdiri dari bank pemerintah, bank swasta nasional, bank asing, bank BPD seluruh Indonesia, BPR, dan Lembaga Selain Bank (LSB) dengan terkoneksi di lebih dari 77.000 terminal ATM yang tersebar dari Aceh sampai dengan Papua.

Artajasa juga menyediakan solusi Online Payment bagi penerbit tagihan (billing provider), seperti jasa telekomunikasi, multifinance, penerbit kartu kredit, energi, pendidikan dan asuransi yang memungkinkan para penggunanya melakukan pembayaran tagihan. Saat ini lebih dari 60 institusi telah tergabung ke jaringan Online Payment Artajasa sebagai collecting agent dan 60 institusi bergabung menjadi billing provider.

Di tahun 2012, kompetensi Artajasa di industri sistem pembayaran ini semakin terbukti dengan diraihnya sertifikat standar ISO 27001:2005 untuk layanan ATM Bersama yang menjamin pengelolaan layanan operasional yang mumpuni, mulai dari Data Center, Disaster Recovery Center (DRC), jaringan dan Customer Care yang mendukung layanan switching untuk transaksi perbankan seperti transfer antar bank, tarik tunai, cek saldo dan penggantian PIN.

Sekilas Blibli.com:

BLIBLI.COM adalah e-commerce pertama dan terbesar yang membawa pengalaman belanja di mal online, menawarkan lebih dari 1 juta produk yang asli dan telah diseleksi dari 15 Kategori memenuhi kebutuhan harian dari pembelanja.  Blibli.com telah dipercaya lebih dari 20.000 brand dan terpilih menjadi partner online secara eksklusif dari brand lokal maupun global, seperti  NBA, NIKE, UMBRO, Samsung, Intel, Unilever, Polytron, Bose, Bang & Oluffsen, Alleira, Musica-Trinity, Mums & Babes dan masih banyak lagi.

Blibli.com berkomitmen membawa kehidupan yang lebih baik dengan menyediakan pengalaman berorientasi pelanggan, melalui produk relevan, akses yang komplit dan layanan Customer Care 24x7.  Melayani konsumen di seluruh Indonesia dengan gratis biaya pengiriman (Free Shipping) ke semua destinasi, beragam cara pembayaran,  Cicilan 0% dari 18 bank, program pengembalian barang 15 hari, dan program poin Blibli Reward  merupakan bentuk komitmen total Blibli.com terhadap konsumen.

Sebagai platform e-commerce lokal, Blibli.com berkomitmen turut aktif dalam mendukung dan memberdayakan Indonesia. Hal ini ditunjukkan dalam salah satu inisiatif terbaru yaitu ‘Galeri Indonesia’ sebuah kategori yang khusus ditujukan pada berbagai produk lokal yang unik, menonjolkan kreatifitas dan inovatif.  Untuk menunjang creativepreneurs lokal, Blibli.com  meluncurkan The Big Start Indonesia rangkaian pertama web series competition di mana para wirausaha akan diberi kesempatan untuk menampilkan produk, belajar dari pembimbing ahli, serta pemenang akan mendapat hadiah modal untuk pengembangan usaha.

Aplikasi Blibli.com tersedia di Android, iOS dan Windows, serta dapat diunduh via  http://www.blibli.com/app

 

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Zul Irfan
Vice President of Corporate Secretary
PT Artajasa Pembayaran Elektronis
Tel. +62 21 2970 6789
Fax. + 62 21 2917 7001
Email: zul.irfan@artajasa.co.id


Dewi Retno Siregar
Public Relations Blibli.com
M: +62 817 75 1011
E-mail: media.relation@blibli.com