EN | ID BISNIS
Artajasa Siapkan Kapasitas Mesin Switching Jelang Lebaran
Artajasa Siapkan Kapasitas Mesin Switching Jelang Lebaran
Posted June 19, 2017

Wartaekonomi.co.id, Jakarta - PT Artajasa Pembayaran Elektronik (Artajasa), penyedia layanan sistem pembayaran dan pengelola layanan ATM Bersama menyiapkan beberapa langkah strategis dalam menghadapi peningkatan transaksi yang terjadi di ATM Bersama menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Direktur Utama Artajasa, Bayu Hanantasena mengatakan semakin mendekati Hari Raya ldul Fitri maka volume transaksi perbankan pun semakin meningkat, utamanya transaksi tarik tunai dan transfer antarbank melalui jaringan ATM Bersama. "Peningkatan transaksi yang terjadi saat memasuki Bulan Ramadan hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri cukup signifikan, bahkan bisa mencapai rata-rata kenaikan hingga diatas 20 persen dibandingkan transaksi harian,” ujar Bayu saat Konferensi Pers dan Buka Puasa Bersama di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi tingginya peningkatan transaksi di ATM Bersama tersebut, sejak tahun lalu Artajasa telah menyiapkan peningkatan kapasitas mesin switching yang mengelola transaksi-transaksi di jaringan ATM Bersama. "Utilitas mesin switching ATM Bersama sendiri pada periode normal/hari biasa baru terpakai sekitar 10 persen. Khusus pada periode menjelang Hari Raya Idul Fitri, kami telah tingkatkan kapasitas mesin switching hingga enam kali lipat untuk dapat menampung sesuai dengan prediksi transaksi tersebut," jelas Bayu. 

Sementara itu, Artajasa juga mendorong bank Anggota ATM Bersama untuk melakukan kegiatan Capacity Planning. Menurut Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Artajasa, Teddy Sis Herdianto Capacity Planning sangat penting untuk dilakukan agar performansi sistem yang dimiliki bank-bank anggota ATM Bersama dapat meningkat sesuai dengan peningkatan transaksi di jaringan ATM Bersama.

"Sehingga apabila bank telah melakukan Capacity Planning secara rutin, maka bisa dipastikan bank tersebut telah siap menghadapi tingginya lonjakan transaksi pada libur Idul Fitri mendatang,” jelas Teddy. Untuk menjaga agar kebutuhan transaksi perbankan masyarakat tetap terakomodir, Artajasa juga melakukan komunikasi secara intensif dengan seluruh Anggota ATM Bersama. 

“Bersama dengan seluruh Anggota ATM Bersama, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan transaksi perbankan yang optimal di masa Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu, antara Artajasa dengan Anggota ATM Bersama sama-sama sepakat untuk menyiapkan tim helpdesk yang akan in-charge selama 24 jam guna memastikan jaringan ATM Bersama tetap termonitor dengan baik," tambah Teddy.

Selain persiapan dari sisi jaringan ATM Bersama, Artajasa juga mendorong bank anggota untuk menyiapkan fitur debit online seiring semakin tingginya awareness masyarakat akan transaksi online yang dapat mengakomodir kebutuhan transaksi perbankan melalui mobile banking dan internet banking.

http://m.wartaekonomi.co.id/berita145066/artajasa-siapkan-kapasitas-mesin-switching-jelang-lebaran.html